Selasa, 11 April 2017

PEMANFAATAN PPT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB



PEMANFAATAN PPT
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Oleh: Fuad Munajat

Pendahuluan
Bahasa Arab memiliki beberapa aspek ditinjau dari sudut pembelajarannya. Aspek-aspek tersebut secara umum dapat dilihat pada komponen kurikulum bahasa Arab yakni tujuan, isi, metode, media dan evaluasi. Kesemua komponen tersebut harus saling berjalin berkelindan dalam rangka melaksanakan pembelajaran bahasa Arab yang efektik, tuntas, dan membisakan.
Dilihat dari komponen media pembelajaran bahasa Arab, pemanfaatan Teknologi Informatika sudah menjadi suatu keharusan terlebih dengan pesatnya kemajuan bidang TI akhir-akhir ini. Demikian halnya dalam pembelajaran bahasa Arab bagi non-Arab yang dilakukan di Indonesia juga terimbas secara positif dampak tersebut. Berbagai perangkat lunak komputer dikembangkan dan diaplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Arab seperti piranti Microsoft Office yang mengembangkan Word, Excel, PowerPoint (PPT), Acces, dan lain sebagainya.
Piranti-piranti tersebut dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Arab karena memungkinkan guru dan murid untuk menghadapi pengalaman belajar yang lebih variatif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi seperti pada piranti gambar, teks, audio, visual, audio-visual, dan video memungkinkan pengintegrasian dengan piranti lunak. Dalam tulisan berikut penulis menyoroti penggunaan PPT dalam pembelajaran bahasa Arab karena piranti tersebut sangat mudah diaplikasikan dan memuat fitur-fitur yang cukup bervariasi yang dapat memperkaya pengalaman siswa dalam belajar bahasa Arab.
Sekilas Tentang PPT
Disebutkan dalam Introduction to PowerPoint 2007 (2010: 3) bahwa PowerPoint (selanjutnya disebut PPT) adalah sebuah paket piranti lunak untuk presentasi. Lebih jauh dijelaskan bahwa PPT terdiri dari sejumlah laman yang kerap disebut “slide” dan slide dapat memuat teks, grafik, tabel, film dan sebagainya. Dengan demikian piranti PPT dapat mengintegrasikan baik teks, gambar, audio, tabel, dan video.
Dengan pengembangan piranti PPT, sejak PPT 2007 sarana integrasi fitur-fitur utama telah lebih mudah diaplikasikan dengan adanya ikon quick insert pada bagian tengah slide sebagaimana tampak pada gambar berikut ini:
Description: Description: panduan-lengkap-powerpoint-2007.pdf - Adobe Reader
            Keberadaan ikon quick insert semakin memudahkan pengguna seperti saat membuat media pembelajaran bahasa Arab.
PPT dalam Pembelajaran Istima dan Kalam
Dalam pembelajaran istima’ piranti PPT sangat mungkin dioptimalkan terlebih karakteristik materi istima yang mengharuskan penggunaan teks audio atau teks audio visual (video) dalam penyampaiannya. Pembelajaran istima kerap ditandai dengan tiga fase utama (1) pre-listening, yang memuat segala sesuatu yang dapat mengkondisikan pembelajar istima terhadap teks istima. Dalam fase ini baik gambar maupun teks dapat digunakan secara bersamaan; (2) while-listening, yang merujuk pada aktifitas substantif menyimak teks audio; (3) post-listening, yang merupakan bagian tindak lanjut dari fase sebelumnya dan dapat dilakukan dengan aktifitas yang mengembangkan pemahaman siswa (Lihat John Field dalam Richards dan Renandya, 2002: 242).

Penggunaan ikon quick insert memudahkan guru dalam memadukan teks dengan audio maupun video. Sebuah teks istima’ akan mudah dipahami jika dijelaskan tidak saja dengan audio atau suara tetapi juga dengan visual berupa gambar atau grafik.
Dalam pembelajaran kalam sejumlah fitur dapat digunakan dalam merangsang siswa berbicara. Fitur gambar merupakan satu di antara sekian banyak fitur yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut. Seorang siswa dapat dipacu membicarakan topik tentang tamasya, misalnya, dengan menyandingkan teks dengan gambar. Cara lain dapat dilakukan dengan menggabungkan antara tugas istima dan kalam karena kedua aspek maharah ini sangat dekat dan baik pembicara maupun penyimak dalam kondisi nyata sering kali bertukar posisi.
PPT dalam Pembelajaran Qira’ah dan Kitabah
            Dalam pembelajaran qiraat tentu aspek teks dalam konotasi tulisan menjadi aspek utama dalam pembelajaran qiraat. Namun demikian hal itu tidak serta merta menafikan aspek gambar, audio maupun video sebagai bagian pendukung yang dapat memperjelas muatan teks. Dalam presentasi materi qiraat, jika diperlukan, dapat saja teks qiraat dihyperlink dengan file MS Word.
Dengan demikian karakteristik PPT yang hanya cocok jika digunakan untuk item-item penting saja atau ringkas bisa dimodifikasi dengan hyperlink yang memuat file jenis lain seperti materi qiraat yang panjang untuk level menengah dan lanjutan.
Adapun terkait kitabah maka yang dapat dilakukan tentu lebih banyak karena pemaduan antara teks dan gambar, ataupun audio sekalipun menjadi lebih mudah sebagaimana pada gambar berikut ini.
Dengan demikian baik kemahiran qiraat maupun kemahiran kitabah sangat mungkin pemanfaatan PPT dilakukan. Terlebih dengan perkembangan teknologi informatika yang semakin pesat maka variasi penggunaan materi ajar bahasa Arab baik istima, kalam, qiraat dan kitabah menjadi semakin beraneka.
PPT dan Penggunaan Bahan Ajar Otentik
Penggunaan piranti PPT dengan segala keunggulannya akan mampu membuat bahan ajar lebih kaya karena pengajar dapat secara langsung memasukkan bahan-bahan baru dan tidak terkekang dengan materi ajar yang itu-itu saja dan memiliki nilai kebaruan (up to date).
Ini bisa saja terjadi ketika membahas topik olahraga, misalnya, guru dapat memasukkan tema Piala Dunia Brasil 2014 baik dalam bentuk ulasan berita ataupun cuplikan pertandingan atau bahkan gol “terbang” ala Van Persie yang sedang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini.
Hal seperti ini tentu saja tidak akan kita jumpai pada bahan ajar “tradisional” dalam bentuk buku ajar bahkan pada buku yang paling umum digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab bagi non-Arab semisal Al-Arabiyyah Baina Yadaika.
Dengan demikian tampak nilai manfaat piranti PPT dalam pembelajaran bahasa Arab yakni dari aspek kebaruan informasi yang dimungkinkan karena piranti ini dapat menggabungkan baik teks, gambar, audio, maupun video.
Belum lagi jika PPT dilihat dari keunggulan lainnya selain ikon quick insert. Tampak banyak sekali kelebihan fitur-fitur PPT yang semakin hari semakin dikembangkan. Fitur-fitur seperti Design, Animations,dan View memiliki kekhususan jika dibandingkan dengan fitur sejenis dalam piranti lainnya. Desain dan animasi PPT memiliki dinamika yang lebih lincah dan integrasi dengan piranti lain seperti MS Word, Excel, Pdf, dan lain sebagainya juga menjadi nilai tambah PPT.
Penutup
Piranti PPT merupakan salah satu piranti lunak Microsoft Office yang memiliki banyak kegunaan terutama dalam membantu guru menyajikan materi ajar. Terkait dengan pembelajaran bahasa Arab maka piranti PPT menjadi lebih signifikan karena karakteristik bahasa Arab sendiri yang terdiri dari aspek kemahiran dan kebahasaan. Pada aspek kemahiran berbahasa maka keterampilan istima’, kalam, qiraat dan kitabah menjadi pokok pembelajaran.
Empat kemahiran tersebut dapat disajikan atau dipresentasikan secara lebih optimal manakala PPT digunakan. Tidak hanya istima’ yang dominan menggunakan audio dan video dalam pembelajarannya yang dapat diaplikasikan dengan PPT tetapi lebih dari itu aspek kalam, qiraat, dan kitabah juga dapat diintegrasikan dengan piranti tersebut.
Di samping itu penggunaan PPT dalam pembelajaran bahasa Arab juga dapat dilihat dari nilai kebaruan materi ajar karena bahan otentik dapat digabungkan dengan piranti ini tanpa mengharuskan pengajarnya bolak-balik ke laboratorium bahasa atau kelas multi media.
Dengan demikian PPT jelas memiliki keunggulan dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa Arab yang memiliki banyak aspek tidak hanya aspek kemahiran bahasa tetapi juga aspek kebahasaan dan aspek budaya yang akan sangat efektif jika penyampaiannya menggunakan media yang mumpuni seperti PPT. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka
Asrori, Imam, Al-Mahir Fil Murasalah: Mahir Berkorespondensi Bahasa Arab, Surabaya: Hilal Pustaka, 2009
Munajat, Fuad, “Hand Out Mata Kuliah Kitabah II”, tidak dipublikasikan
Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Materi Ajar Praktikum Teknologi Informasi Pendidikan, 2014
Jack C Richards dan Willy A. Renandya (Ed.) Methodology in Language Teaching, Cambridge University Press, 2002, pp. 235-241 (John Field, “The Changing Fase of Listening” pp. 242-247
Studen Computing Service, Introduction to PowerPoint 2007 , tt., 2010, diunduh pada 19 Jun. 14, www.neiu.edu/scs


Tidak ada komentar:

Posting Komentar